Thursday, March 6, 2008

PBB Menetapkan Tahun 2009 Sebagai Tahun Astronomi Internasional

iyalogosmall.jpgHari ini, tepatnya tanggal 20 Desember 2007, Sidang Umum PBB yang ke-62 di Paris menetapkan tahun 2009 sebagai Tahun Astronomi Internasional / International Year of Astronomy (IYA). IYA merupakan inisiatif dari IAU (International Astronomical Union) dan UNESCO, untuk merayakan dipergunakannya teleskop untuk pertama kali oleh Galileo. IYA 2009 sendiri merupakan moment 400 tahun dari penemuan - penemuan dalam astronomi dan pemicu revolusi sains yang juga mempengaruhi dunia. Hasilnya, saat ini teleskop landas bumi maupun angkasa beroperasi selama 24 jam sehari memberikan berbagai hasil spektakuler dalam berbagai panjang gelombang.

Menurut Presiden IAU, Catherine Cesarsky, ”IYA 2009 memberi seluruh bangsa kesempatan untuk berpartisipasi dalam revolusi sains dan teknologi.”

Tujuan dari IYA 2009 adalah untuk berbagi kegembiraan dalam penemuan-penemuan pribadi, kesenangan dalam berbagi pengetahuan dasar tentang alam semesta dan tempat tinggal manusia, serta berbagi hasil dari penelitian. Saat ini sudah ada 99 negara dan 14 organisasi yang berpartisipasi dalam IYA 2009. Organisasi yang terlibat merupakan jaringan organisasi pendidikan astronomi, kebudayaan dan para pendidik.

Visi IYA 2009
Visi IYA 2009 adalah untuk menolong masyarakat dunia untuk menemukan kembali tempatnya di alam semesta melalui langit. Dalam hal ini diharapkan seluruh umat manusia bisa menyadari pengaruh astronomi dan sains dasar dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga diharapkan masyarakat dunia dapat lebih memahami bagaimana pengetahuan dan sains berkontribusi untuk membangun masyarakat yang adil dan damai.

Tujuan IYA 2009, adalah untuk menstimulasi ketertarikan dunia secara lebih luas, khususnya di kalangan anak muda terkait dengan astronomi dan sains, dalam sebuah tema “The Universe, Yours to Discover”.

Kegiatan IYA 2009 akan dilakukan secara global sampai dengan level regional, dan secara khusus di tingkat nasional maupun local. Untuk itu perwakilan setiap Negara telah dibentuk untuk mempersiapkan setiap kegiatan di negaranya. Dari Indonesia, ketua pelaksana IYA 2009 adalah Dr. Taufiq Hidayat, kepala Observatorium Bosscha. Perwakilan tersebut akan berkolaborasi dengan astronom amatir dan professional, pusat sains, pendidik, dan komunikator sains dalam mempersiapkan kegiatan sepanjang tahun 2009.

sumber : IYA2009

No comments: